Jumat, 19 Agustus 2011

SYARAT MENJADI PEBISNIS SEJATI

Orang yang membuka usaha sendiri harus memiliki jiwa pengusaha (entrepreneur). Untuk menjadi pengusaha yang sukses tidak diperlukan pendidikan tinggi, kejeniusan otak, modal usaha jutaan rupiah, atau latar belakang keluarga pengusaha besar. Akan tetapi yang wajib dimiliki oleh seorang pebisnis adalah sebagai berikut:
1. Motivasi dari dalam diri (internal motivation)

Siapa bilang bermimpi itu tidak berguna? bagi seorang entrepreneur, mimpi adalah motivasi. Oleh karena itu mimpikanlah saat-saat anda berhasil membangun sebuah usaha yang sukses dan maju. Kemudian terus tanamkan impian itu dalam diri hingga menjadi motivasi terbesar seorang pengusaha. Calon pengusaha yang ingin sukses harus punya tekad dan kemauan untuk belajar.
2. Dukungan dari luar (eksternal motivation)

Motivasi dari diri sendiri tidaklah cukup menghantarkan anda menjadi seorang entrepreneur. diperlukan dukungan dari luar, ini didapat dengan berbagai cara diantaranya membaca buku-buku motivasi bisnis, ikut seminar-seminar entrepreneurship, atau bergabung dengan milis-milis wirausaha dan lain lain.
Semua motivasi eksternal itu akan semakin memperkuat hasrat dalam diri anda untuk menjadi pengusaha sukses. Membaca buku dapat melahirkan ide-ide dan inspirasi usaha yang mempunyai potensi besar untuk maju.

3. Waktu yang tepat

Seorang entrepreneur sejati tidak bisa membiarkan dirinya diam terlalu lama tanpa bergerak, tetapi ia akan membuat waktu bagi dirinya sendiri. Ingat waktu tidak hanya ditunggu, melainkan harus diciptakan dengan menceburkan diri dalam situasi yang menantang. Sehingga otak bekerja lebih cepat dan lebih cepat pula melakukan aksi-aksi konkrit.

4. Jalankan bisnis dengan konsisten

Lakukan ketiga langkah diatas dengan konsisten. Jika motivasi, dukungan dan waktu sudah anda pegang, jalankan usaha dengan konsisten. Bila belm berhasil jangan lantas kecewa dan langsung mengubah arah bisnis anda 100 persen.

5. Memiliki mental berani gagal....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar